DATA & VISUAL

Menurun Kontribusi Industri Manufaktur

Lesunya industri manufaktur, terutama padat karya, mengancam penyerapan tetnaga kerja

manufaktur_lesu 

SELAMA satu dekade terakhir, industri manufaktur tumbuh lebih lambat daripada ekonomi nasional. Perannya terhadap penyerapan tenaga kerja pun semakin berkurang. Merujuk pada data Badan Pusat Statistik, pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) sektor manufaktur berada di kisaran 4 persen sejak 2013 hingga kuartal ketiga 2023. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi nasional selama periode tersebut mencapai 5 persen. Pada kuartal III 2023, misalnya, PDB

Kategori
Terbaru
Problem Solving & Decision Making Dalam Hubungan Industrial
Selama masih terikat dalam hubungan kerja, maka sepanjang itu kita akan menjumpai masalah hubungan industrial. Kalau begitu poinya bukan pada masalah, tetapi kita memerlukan ilmu & pengetahuan bagaimana cara menyelesaikan masalah.
Survei Proyeksi & Realisasi Kenaikan Upah 2024
Data yang kita dapatkan dari survei ini adalah gambaran prosentase kenaikan upah 2024 di industry manufaktur berdasarkan variabel-variabel umum yang sering diperbandingkan dalam pengambilan keputusan.
KPI (Key Performance Indicators)
Setelah workshop diharapkan peserta dapat : Memahami fungsi KPI dalam manajemen kinerja, memahami Pengertian Dan Jenis KPI, memahami dan mampu menyusun KRA, memahami konsep Balanced Scorecard, memahami dan mampu melakukan proses cascading serta mampu men
MANAJEMEN SERIKAT PEKERJA Batasan UU No. 21 TAHUN 2000 & Pengaturannya Dalam PKB
Salah satu bagian perusahaan yang perlu dikelola selain produksi, material, keuangan, manusia adalah organisasi serikat pekerja. Memahami pengelolaan yang benar akan berdampak pada hasil yang berqualitas seperti halnya produk.